Friday, April 15, 2011

Kelistrikan baru

Hari ini sangat melelahkan dan sangat menyenangkan....

Dari cita2 gw untuk memasang lampu yang terang benderang spt lampu batman hahahaha
Untuk memasang lampu yang berdaya besar, maka komponen pengisian aki harus berdaya besar juga :D
biar ga tekor....

Mari kita andai2....

Pengisian aki = Gaji
Aki = Tabungan
Beban kelistrikan = Jajan

Apabila tabungan banyak, jajan banyak... tapi gaji kecil... nah looooooo.... tekor ga tu? pasti lama2 bakal tekor... Peribahasanya: Besar Pasak daripada tiang.
Sekarang kalo Gajinya kita perbesar (tanpa memperhatikan tabungan)... dijamin tidak tekor! :D :D :D



Kondisi kelistrikan megapro tahun 2000 (belum elektrik starter) itu masih menganut prinsip Half Wave Rectifier, dimana penyearahan gelombang pengisian aki tidak sempurna...
 
Sedangkan varian megapro yang sudah elektrik starter, sudah menganut Full Wave Rectifier.. penyearahan gelombang secara penuh, seperti gambar di bawah ini:



Nah, untuk merubah megipret gw menjadi fullwave, maka gw mengumpulkan barang2 ini sejak awal tahun :D
  1. Spul yang tidak terkoneksi dengan ground bodi.
  2. Rectifier, bahasa dagangnya = koplok KIPROK, dibaca: "Keep Rock!"
  3. Kabel bodi megipret yang ada elektrik starternya (walaupun percuma juga, motor gw ga ada starter elektriknya :p)
  4. Saklar kiri kanan (percuma donk ubah kelistrikan tapi ga ada saklarnya.. hahahaha...
Gw beli spul dari salah satu rekan di kaskus, namanya Brokenwings. Gw manggilnya Om Browing (emang udh om-om kok! hehehe). Dia waktu itu jual spulnya yang udh digulung ulang... gw beli seharga 200rb termasuk tutup crankcase dan magnetnya. Tapi gw jual aja magnet n tutup crankcase-nya seharga 100rb, yang beli itu om goenkbrotz, ya! anak kaskus juga... hehehe... pokoknya ajib deh, dengan harga 100k (setelah dikurangi laba penjualan) dapet spul gulungan yang sih kabelnya lebih gede... dan menurut ilmu elektro smester 1... kabel yang besar bisa menghantarkan arus besar pula... :D
Spul dari om browing, ajibbbb......
Lalu beberapa bulan kemudian, gw dapet rectifier alias koplok KIPROK. Barang ini hasil hunting di jatayu... dengan baju gembel, penampilan kucel, brewok n kumis blm dicukur. dijamin dapet harga miring :D
Gw dapet kiprok ini di salah satu kios jatayu, harganya 120k copotan tiger revo. Barangnya kinyis2... mulus kayak pacar gw :D
Kirpok Tirev - masih kinyis2 kan?? :D

Ga lama setelah itu gw mulai hunting kabel bodi megapro starter... :D
Akhirnya dapet di HEPS (Honda Exclusive Parts Shop) di jalan pajajaran. Belinya bareng2 Wilson (id kaskus: sonbecks) soalnya gw mau minjem kartu member HEPSnya dia -- biar dapet diskon. Yah walaupun 5% tapi kan lumayan buat barang seharga 150rb++ :D
(kabel bodi kaga ada fotonya hehehehe)

Beres nih.... kurang saklar stang. Cari2 di Borma ternyata ada... tapi abal2 bgt sih.. kualitasnya rendahan (yah... yang ada dulu aja, daripada beli di honda sepasang 350rb-an). akhirnya dapet tuh sepasang saklar buat lampu2.. :D Gw waktu itu sampe rela ujan2an dari cimahi sampe antapani cuma beli saklar 50rb sepasang.... Yah inilah gw, kalo gw udh fokus ama sesuatu... NO ONE CAN STOP ME!!!!

Akhirnya semua resource udh dapet... tinggal masang nih.. EITS! Gw masih ada perasaan ganjel perihal saklar abal2 itu..... akhirnya suatu sore, gw ketemuan ama om friyana (anak kaskus juga.. hahahaha.. maklum lah... gw gaulnya disana...) untuk nyobain saklar gw di motor dia. Ternyata berhasil saudara-saudara!!! :D

OH IYA! gw juga mesen dudukan aki dan pendukung2nya di DAM (Daya Adira Mustika - main dealer Honda se-Jabar). Mesennya harus nunggu 2 minggu, itu pun cuma dapet nomer 2 dan 4. Battery band (nomor 1) gw ngakalin dari plat ditekuk2 gitu.
Pesenan gw yang dilingkari
Gedung Shworoom PT. DAM
Oke... menunggu 2 minggu, akhirnya dapet komponen dudukan aki. Sekarang beli akinya...
Gw beli aki Yuasa Yumicron 12V-5Ah, aki std aja - ga terlalu gede... Ngapain punya tabungan gede2? wong gaji dah banyak kok! Hahahaha.....

Aki dapet, 2 hari kemudian (hari ini) bongkar2... start jam 11, gw miringin motor ke kanan supaya oli ga masuk ke daerah mesin sebelah kiri yang akan gw buka. Sambil nunggu, gw siapin peralatan yang akan dipakai :D tak lupa dingklik (bhs sunda: jojodog) biar ga pegel :D

Ini ada sedikit foto waktu bongkar2....
Buka crankcase kiri
Kiri: spul om Browing --- Kanan: spul Std
Berantakan. hahahahahaha
Kabel bodi lama dicopot. Maaf motornya kotor kayak yang punya
INI DIA! INTI DARI FULLWAVE RECTIFIER!!!
Udah, fotonya cuma itu aja.. soalnya tangan gw kotor... sayang 500D gw kena tangan kotor. ehehehe...
Akhirnya beres jam 4an.. di test dan GRENG!!!!!!!!! 15V on idle... dikasih beban lampu utama: 14,8V on idle... mantap!!!! sekarang di gas........ wah, bener2 diregulasi... max ya 15V itu... hehehehe.... mantab jaya...
orang2 lain modif fullwave pake spul biasa, idle voltagenya rata2 13V lho...

Wah mantab nih.... berarti tinggal beli lampu maut (baca: HID).

Oya, gw dah punya reflektor untuk mendukung HID gw nantinya. Reflektor beli di Jakarta Motor, Jl. banceuy. Harganya 50rb tapi kualitasnya ga murahan.. lebih bagus dari merk autopal kalo kata gw...
Soalnya reflektor ini (ga ada merknya, cuma ada tulisan H4 di kacanya) sinar low dan high beamnya lebih lebar dari autopal. Namun high beam reflektor ini ga sejauh autopal... Tapi itu tak masalah buat gw :D

Ada beberapa penampakan reflektor "ini" dari temen2 gw yang dah masang (Nunoopratama dan om friyana), mereka menggunakan bohlam filamen H4 55/60 Watt -- bukan HID.

Low Beam - Nunoopratama
High Beam - Nunoopratama



Low Beam - Om Friyana
High Beam - Om Friyana

Kayaknya segitu dulu tulisan gw, sekarang mau istirahat... capek bgt nih....

GAIRAHKAN HIDUPMU, BRO!!!!!!!!

4 comments:

  1. banyak banget bahasa yg ga aku pahami, say... @_@
    pantesan aja tadi kamu lama ngilangnya..ternyata bongkarnya sampe segitu...
    eh..itu kalo pas ada aku, bisa tak vacuum cleaner tuh motormu...kasian sampe berdebu gitu...

    ReplyDelete
  2. ya begitulah kalo aku mulai ngoceh.. :p
    iya, maaf ya kalo lama bgt... :D

    wah.. ga usah di vakum.. cuci aja sekalian :p

    ReplyDelete
  3. nais infoh gan.....




    suport by www.friyana.com

    ReplyDelete
  4. sundul jugah bagi pengguna megipret lamah


    pro_rider

    ReplyDelete